Sabtu, 13 Oktober 2012

Beda Teguran dan Ujian


Tanya :

Saya mau tanya apa bedanya teguran dari Allah dan ujian ? Anak saya sakit, batuk mungkin sudah lebih dari 3 bulan. Sudah ke dokter juga tapi belum sembuh. Saya bingung apakah Allah sedang menguji saya dan suami ataukah ada kesalahan yg saya atau suami lakukan sehingga ini merupakan teguran Allah untuk kami.

Jawab :

Allah Ta’ala berfirman :
وَمَا أَصَابَكُمْ مِن
ْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ [الشورى/30]

“Apapun yang menimpa kalian dari musibah maka adalah disebabkan apa yang kalian lakukan dan Allah memaafkan banyak kesalahan kalian” (Asy Syuro 30)

Ayat ini menunjukkan bahwasanya musibah yang menimpa kita adalah disebabkan kesalahan kita. Akan tetapi ketika kita bersabar menghadapi musibah tersebut, maka musibah akan menjadi penghapus dosa-dosa kita sebagaimana disebutkan di banyak hadits, di antaranya :

وعن أبي سعيدٍ وأبي هريرةَ رضيَ الله عنهما ، عن النَّبيِّ - صلى الله عليه وسلم - ، قَالَ : (( مَا يُصيبُ المُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ ، وَلاَ وَصَبٍ، وَلاَ هَمٍّ ، وَلاَ حَزَنٍ ، وَلاَ أذَىً ، وَلاَ غَمٍّ ، حَتَّى الشَّوكَةُ يُشَاكُهَا إلاَّ كَفَّرَ اللهُ بِهَا مِنْ خَطَاياهُ((

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : Tidaklah menimpa seorang muslim berupa sakit, kegelisahan, kesedihan, gangguan, kegundahan bahkan duri yang menusuknya kecuali Allah hapus dosa-dosanya dengan sebab demikian. (HR. Bukhary dan Muslim)

Tidak ada komentar: