Sabtu, 13 Oktober 2012

Hadits Mu'allal


1. Pengertian

a. Secara Bahasa

adalah bentuk ism maf’ul dari “A’allahu bi kadza fahuwa mu’allun”. Ini adalah qiyas sharaf yang masyhur dan ini adalah bahasa arab yang fasih. Mu’allal menurut bahasa artinya yang ditimpa penyakit.

b. Secara Istilah

yaitu hadits yang setelah diperiksa ternyata di dalamnya ada ‘illat (cacat) yang merusak keshahihan suatu hadits, walaupun secara dzahirnya selamat dari ‘illat itu.

Menurut Ibnu Hajar Al Atsqalani bahwa hadits Mu'allal ialah hadis yang nampaknya baik tetapi setelah diselidiki ternyata ada cacatnya. Hadis ini biasa juga disebut Hadits Ma'lul (yang dicacati) dan disebut Hadits Mu'tal (Hadis sakit atau cacat)

Jadi, Hadits Mu'allal, artinya hadis yang dinilai sakit atau cacat yaitu hadis yang didalamnya terdapat cacat yang tersembunyi.

2. Pengertian ‘Illat
yaitu sebab yang samar-samar, tersembunyi yang merusak keshahihan suatu hadits.

Dengan mengambil pengertian ‘illat ini, bahwasanya ‘illat menurut para ulama ahli hadits harus memiliki 2 syarat yaitu:

  1. Samar-samar dan tersembunyi
  2. Merusah keshahihan suatu hadits

Apabila kosong (tidak ada) salah satu dari kedua syarat itu – seakan-akan menjadikan ‘illatnya secara dzahir atau tidak merusak, maka tidak dinamakan ‘illat seperti istilah.1

3. Dimana tempat terjadinya ‘illat?

  1. ‘Illat dapat terjadi dalam sanad, dan ini sangat banyak
  2. ‘Illat dapt terjadi dalam matan, dan ini sangat sedikit
  3. ‘Illat dapat terjadi di dalam sanad dan matan secara bersama-sama 
4. Contoh-contoh hadits mu’allal

a. ‘Illat dalam sanad

Artinya : Hadits Ya’la Bin ‘Ubaid dari Tsaury dari ‘Amru bin Dinar dari Ibn ‘Umar dari Rasulullah SAW telah bersabda: “Kedua orang penjual dan pembeli itu mempunyai hak khiyar selama mereka belum berpisah”.

Dalam hadits ini telah salah Ya’la terhadap Sufyan dalam perkataannya ‘Amru bin Dinar, karena imam-imam hafidz dari sahabat-sahabat Sufyan meriwayatkan dari Abdullah bin Dinar, bukan kepada perkataannya ‘Amru bin Dinar. Dua ‘illatnya terletak pada adanya kekeliruan Ya’la bin ‘Ubaid dalam menyandarkan periwayatannya kepada Sufyan dari ‘Amru bin Dinar.

Diketahui adanya kekeliruan itu setelah diadakan perbandingan dengan sanad lain. Yaitu sanad-sanad Abu Nu’aim, sanad Muhammad bin Yusuf dan sanad Mkahlad bin Yazid. Mereka ini meriwayatkan hadits itu melalui Sufyan Ats-Tsaury, Abdullah bin Dinar dan Ibn ‘Umar.

Nyatalah sekarang bahwa sanad Ya’la bin ‘Ubaid itu ber’illat. Karena ia menyandarkan periwayatannya dari ‘Amru bin Dinar padahal sebenarnya dari Abdullah bin Dinar. Walaupun sanadnya dari Ya’la ber’illat, namun matannya tetap shahih. Karena sama dengan matan hadits yang diriwayatkan oleh sanad-sanad lain yang tidak ada ‘illatnya (shahih). ‘illat pada sanad yang membawa pengaruh kepada kecacatan matannya itu terjadi kalau ‘illat itu disebabkan karena memauqufkan (beritanya hanya sampai kepada sahabat), mengirsalkan (meninggalkan sahabat yang seharusnya dijadikan sumber penderitaan) atau memunqath’i kan (menggugurkan salah satu rawi yang menjadi sanadnya).

حَدِيْثُ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةِ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِى صَالِحِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَة عَنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ قَالَ : مَنْ جَلَسَ  مَجْلِسًا كثر فِيْهِ لغطه فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يقوم سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكَ إِلَّا غَفِرَلَهُ مَاكَانَ فَيْ مَجْلِسِهِ
Artinya : Hadits Musa bin ‘Uqbah dari Suhail bin Abi Shalih dari bapaknya dari Abu Hurairah dari Nabi SAW. Beliau bersabda : “Barang siapa duduk dalam suatu majlis pertemuan membuat kegaduhan (keributan) dalam majlis itu, kemudian sebelum meninggalkan majlis ia berdo’a : “Maha suci Engkau Tuhan dengan memuji Engkau, bahwa tiada Tuhan kecuali engkau sendiri, saya meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu. “Kecuali akan diampunkanlah segala apa yang terjadi dalam majlis itu.”

Al-Hakim An-Naisabury menceritakan bahwa Imam Muslim pernah menanyakan hadits ini kepada Imam Bukhari. Maka imam Bukhari berkata “Hadits tersebut adalah hadits baik dan aku belum pernah mengetahui di dunia ini hadits yang sebaik ini (dalam masalah Kaffaratul Majlis) kecuali hadits ini. Akan tetapi hadits ini ma’lul. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Ismail beliau berkata : telah bercerita kepada kami Wahib, beliau berkata : telah bercerita kepada kami Suhail, dari ‘Aun bin Abdullah katanya – bahwa hadits yang telah disebutkan adalah perkataan ‘Aun bin Abdullah bukan sabda Rosulullah. Dan ini yang pertama karena sesungguhnya tidak disebutkan oleh Musa bin ‘Uqbah telah mendengar dari Suhail.

b. ‘illat Dalam Matan

إِذَا ستيقظ أحد كم من منامه فليغسل كفيه ثَلَا ث مرات قَبْلَ أن يحعلهما في الإناء، فإنه لايدري أين باتت يده ثُمَّ لِيَغْتَرِ فَ بيمينه من أناءه ثم ليصب على شماله فلغسل مَقْعَدَتَهُ

Artinya : ‘’Apabila salah seorang dari kamu bangun tidur, maka hendaklah ia mencuci kedua telapak tangannya ke dalam bejana (tempat air), sebab ia tidak mengetahui kemana tangannya semalam”.

Hadits Ibrahim bin Thuhman, yang bersal dari Hisyam bin Hisan, dari Muhammad bin Sirrin dari Abu Hurairoh dan yang bersanad Suhail bin Abi Shalih dari Bpaknya dari Abu Hurairoh. Abu Hatim ar-Razy berkata : kalimat tsumma liyaghtarifa sampai dengan maq’adatahu, adalah perkataan Ibrahim bin Thuhman. Karena ia menyambung perkataan itu pada akhir matan hadits, sehingga orang yang (mendengar) menerima tidak dapat mengetahui ‘illatnya.

Perkataan seorang rawi yang disisipkan dalam suatu matan hadits itu disebut idraj. Sebagian ketentuan idraj adalah apabila seorang rawi yang menyisipkan itu menjelaskan bahwa sisipan atau tambahan itu untuk menjelaskan matan, maka yang demikian itu bukan merupakan ‘illat yang dapat mencacatkan suatu hadits. Akan tetapi apabila rawi tersebut mengatakan bahwa kata-kata yang diriwayatkan itu adalah matan hadits, maka idraj tersebut menyebabkan cacatnya matan hadits.

c. ‘Illat yang terjadi di dalam sanad dan matan secara bersama-sama

artinya : “Barang siapa mendapatkan satu raka’at dari shalad Jum’at, maka ia mendapatkan shalad itu secara sempurna.

Abu Hatim ar-Razy berkata : “Hadits ini terdapat kekeliruan dalam matan dan sanadnya, sesungguhnya az-Zuhry menerima hadits itu dari Abi Salmah dari Hurairoh dari Nabi SAW.

مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فقد أدركها

Adapun perkataan dari “Jumu’ati” setelah perkataan “min shalatin” maka ini bukanlah termasuk hadits.

5. Kitab-Kitab yang terkenal yang membahas tentang Hadits Mu’allal :
  • Kitabul ‘ilal kitabnya Ibn al-Madani guru Imam Bukhary
  • Kitab ‘ilal al-Hadits kitabnya Abdurrahman bin Abi Hatim Abu Muhammad (Abi Hatim Ar-Razy)
  • Kitabul ‘ilal kitabnya al-khallal
  • At-Tarikh wa al-‘Ilal kitabnya Imam Yahya bin Ma’in
  • Al-‘Ilal al-Waridatu fi al-Ahadits An-Nabawitah kitabnya Imam Hafidz ‘Ali bin ‘Amr ad-Daruquthny
  • Al-‘Ilal al-Kabir wa al-‘ilal Ash-Shaghir kitabnya Imam At-Tirmidzy
  • Al-‘ilal wa Ma’rifatu Ar-Rijal kitabnya Imam Ahmad bin Hanbal



Tidak ada komentar: