Jumat, 07 September 2012

Mustasna Bi illa

الْمُسْتَثْنَى بإِ لاّ

Mustasna bi illa yaitu Ism yang terletak sesudah illa/salah satu saudara saudaranya

Contoh :
·      مَا رَ رْ تُ إِ لاَّ بِعُمَرِ
(Saya tidak lewat, kecuali bertemu Umar)
·      رَ أَ يْتُ إِ لاَّ زَ يْدًا
(Saya tidak melihat, kecuali Zaid)


لاَمِ التَّعْلِيْلِ
 Yaitu Lam yang menerangkan suatu sebab akibat

Contoh :
·      جَلَسْتُ لأِنْ أَسْتَرِيْحَ
(saya duduk untuk istirahat)
·      يَجْتَهِدُ الطّا لِأَ نْ يَنْجَحَ
(Bersungguh-sungguh siswa untuk kelulusan)

لاَمِ الْجُحُوْدِ
Yaitu sama seperti lam ta’lil, tetapi lam juhud ini biasanya memakai لَمْ يَكُنْ، مَا كَا نَ
Contoh :
·      مَاكَانَ الصَّدِيْقُ لِيَخُوْنَ صَدِيْقَهُ
(Seorang sahabat tidak akan mengkhianati sahabatnya)
·      لَمْ يَكُنْ الشَّرْطِيُّ لِيَسْرِقَ
(Polisi tidak akan mencuri)

الحَا ل
Hal adalah keadaan yang menceritakan tentang keadaan kita

Contoh :
·      رَ جَعْتُ مِنَ الْمَدْرَ سَةِ مَا سِياً
( Saya pulang dari sekolah dengan berjalan kaki)
·      لَقَيْتُ  عَبْدَ اللهِ رَا كِباً
( Saya bertemu Abdullah berkendaraan)

Tidak ada komentar: