Kamis, 11 Oktober 2012

Hukum Orang yang Mengatakan Terhadap Orang yang Mengingkari Kemungkaran dengan “Kamu Itu Sok Suci”.


Pertanyaan : 
Ketika ada seorang muslim mengingkari kemungkaran yang dilakukan orang selainnya, terkadang sebagian orang membalasnya dengan mengatakan, “Kamu itu sok suci” atau “Jangan ikut campur urusan yang bukan kepentingan kamu.” Apakah ucapannya ini benar dan bagaimana membalasnya ? 


Jawaban : 
Ucapan tersebut tidak benar, yakni bahwa ucapan seseorang kepada orang yang menegurnya karena melakukan kemungkaran dengan ucapan “Kamu itu sok suci” atau “Ini bukan urusanmu” adalah tidak benar sebab Allah Subhanahu Wata'ala memerintahkan kepada kita agar melarang kemungkaran dan memerintahkan berbuat ma’ruf. 
Maka wajib bagi kita untuk memerintahkan kepada yang ma’ruf atau melarang perbuatan mungkar semampu kita baik orang yang diperintahkan atau dilarang itu rela ataupun tidak rela. 

Sedangkan balasan terhadap ucapan tersebut, dikatakan, “Ini adalah urusanku” karena Allah Subhanahu Wata'ala memerintahkanku mengokohkan, maka hal yang menjadi urusan seorang mukmin adalah juga menjadi urusan saudaranya sesama untuk melarangmu melakukan perbuatan mungkar dan karena seorang mukmin terhadap saudaranya sesama mukmin ibarat bangunan yang satu. 

[Alfazh wa Mafahim asy-Syari’ah karya Syaikh Ibn Utsaimin, hal. 31] 


Sumber : Fatwa-Fatwa Terkini, jilid 3, hal: 530-531, cet: Darul Haq Jakarta, diposting Yusuf Al-Lomboky





Tidak ada komentar: