Al-Fatihatu ilaa hadhrati al-habib Sayyidina Muhammadin
S.A.W. wa aalihi wa sahbihi wa man waalaahu. Wa ilaa ruuhi sayyidina al-Habib
Umar bin Abdurrahman Al-Attas, shohibi ratib, wa syeikh Ali bin Abdillaahi
al-Baaras. wa usuulihim wa furuu’ihim annallaaha jataghasyaahum bir’rahmati wal
maghfirati al-fatiha.
A’uudhu billaahi minasy’syaitaanir rajiim.
Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin. Arrahmaanirrahiim
maalikiyawmid’diin. Iyyaakana’buduu wa iyaa kanasta'iin. Ihdinash’shiraatal
mustaqiim. Siraathal’ladhiina anámta alaihim Ghairil maghdhuubi alaihim walaadh dhaalliin. Aamiin.
Lau’anzalnaa haadhal qur’aana alaa Jabalin lara’aitahu
ghaasyian mutasad’dian min ghasy’yatil’laahi wa tilkal amthaalu nadhribuhaa
linnaasi la’allahum jatafakkaruun. Huwallaahul ladhii laa ilaaha illaa huwa
aalimul ghai’bi wa shahaadati huwa rahmaanirahiim. Huwallaahul ladhii laa
ilaaha illaa huwa al-malikul Qud’duusu salaamul mu’minul muhaiminul aziizul
Jabbaarul mutakabbiru subhaanallaahi amma jusyrikuun. Huwallaahul ghaalikul
baari’ul musawwiru lahul asmaa’ul husnaa jusabbihu lahu maa fii samaawaati wal
ardhi wa huwal aziizul haqiim.
A’uudhu billaahis samii’il aliimi minasy’syaitaani
rajiim(3x).
A’uudhu bikalimaatillaahi taamaati min syarri maa
ghalaqa(3x).
Bismillaahil ladhii laa jadhurru ma’asmihii syai’un fil
ardhi walaa fis’samaa’i wahuwassamii’ul aliim(3x).
Bismillaahirahmaanirahiim, walaa hawlaa walaa quwwata
illaabillaahil alijjil adhiim(10x).
Bismillaahirahmaanirahiim(3x).
Bismillaahi tahassanaa billaahi, bismillaahi tawakkalnaa
billlaahi(3x).
Bismillaahi aamannaa billaahi wa man ju’min billaahi laa
ghawfun alaihi(3x).
Subhaanallaahi azzallaahu subhaanallaahi
jal’lallaahu(3x).
Subhaanalaahi wa bihamdihi subhaanallaahil adhiim(3x).
Subhaanallaahi wal handulillaahi walaa ilaaha illallaahu
wallaahu akbar(4x).
Yaa, lathiifan bighalqihi yaa, Aliiman bighalqihi yaa,
ghabiiran bighalqihi al-tufbinaa yaa, lathiifu yaa, aliimu yaa, ghabiir(3x).
Yaa, lathiifan lam jazal al-tufbinaa fiimaa nazal innaka
lathiifu lam tazal al-tufbinaa wal muslimiin(3x).
Laa ilaaha illallaah(40x).
Muhammadur’rasuulullaah(1x).
Hasbunallaahu wa ni’mal wakiil(7x).
Allahumma salli alaa Muhammadin allahumma salli alaihi wa
sallim(11x).
Astghfirullaah(11x).
Taa’ibuuna illallaah(3x).
Yaa, allaahu bihaa yaa, allaahu yaa, kariimu yaa, allaahu
bihusnil ghaatimah(3x).
Ghufranaka rabbanaa wa ilajkal masiir laa
jukalliful’laaha nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa alaihaa maa
aktasabat rabbanaa laa tu’agidhnaa in’nasiinaa aw’agta’naa rabbanaa walaa
tahmil alainaa isran kamaa hamaltahu alal’ladhiina min qablinaa rabbanaa walaa
tuhammilnaa maalaa qatalanaa bihi wa’fu annaa wagh firlanaa warhamnaa anta
mawlaanaa fansurnaa alal qawmil kaafiriin.
Al-Fatihatu ilaa Hadhrati sayyidinaa
wa Habibinaa wa Syafi’inaa rasuulillaahi Muhammad ibn Abdillaahi sallallaahu
alaihi wa aalihi wa ashaabihi wa azwaajihi wa dhurri’jaatihi bi’annallaaha
ju’lii darajaatihim fil jannati wa janfa’unaa bi asraarihim wa anwaarihim wa
uluumihim fid’diini wa dunjaa wal aaghirati wa jadz’alunaa min hizbihim wa
jarzuqnaa mahabbatuhum wa jatawafaanaa alaa millatihim wa jah’syurnaa fii
zumratihim. Al-Fatiha athaa bakumullaah.(Surat al-fatiha).
—————————————————————————————–
Makna
Ratib
Perkataan Ratib mempunyai banyak arti. Ratib yang
dimaksudkan di sini berasal dari perkataan (rattaba) berarti mengaturkan
atau menyusun. Ratib adalah sesuatu yang tersusun, teratur dengan rapinya.
Sembahyang sunnah Rawatib adalah antara sembahyang-sembahyang sunnah yang
diamalkan pada waktu-waktu yang tertentu oleh Nabi s.a.w. Ratib al-Attas
mengandungi zikir, ayat-ayat al-Quran dan doa-doa yang telah sedia tersusun
oleh al-Habib Umar bin Abdul Rahman al-Attas yang juga dibaca pada waktu-waktu
yang tertentu.
Istilah Ratib digunakan kebanyakannya di negeri
Hadhramaut dalam menyebut zikir-zikir yang biasanya pendek dengan bilangan
kiraan zikir yang sedikit (seperti 3, 7, 10, 11 dan 40 kali), senang diamalkan
dan dibaca pada waktu-waktu yang tertentu iaitu sekali pada waktu pagi dan
sekali pada waktu malam. Terdapat Ratib al-Haddad, Ratib al-Aidrus, Ratib
al-Muhdhor dan lain-lain.
Keutamaan
Ratib
Berkata sebilangan ulama ahli salaf, antara keutamaan
ratib ini bagi mereka yang tetap mengamalkannya, adalah dipanjangkan umur,
mendapat Husnul-Khatimah,menjaga segala
kepunyaannya di laut dan di bumi dan senantiasa berada dalam perlindungan
Allah.
Bagi mereka yang mempunyai hajat yang tertentu, membaca
ratib pada suatu tempat yang kosong dengan berwudhu, mengadap kiblat dan
berniat apa kehendaknya, Insya-Allah dimustajabkan Allah. Para salaf berkata ia
amat mujarrab dalam menyampaikan segala permintaan jika dibacanya sebanyak 41
kali.
Antara kelebihan ratib ini adalah, ia menjaga rumahnya
dan 40 rumah-rumah jirannya dari kebakaran, kecurian dan terkena sihir.
As-Syeikh Ali Baras berkata: “Apabila dibaca dalam suatu kampung atau suatu
tempat, ia mengamankan ahlinya seperti dijaga oleh 70 pahlawan yang berkuda.
Ratib ini mengandungi rahasia-rahasia yang bermanfaat. Mereka yang tetap
mengamalkannya akan diampunkan Allah dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di
laut.”
Bagi mereka yang terkena sihir dan membaca ratib,
Insya-Allah diselamatkan Allah dengan berkat Asma’ Allah, ayat-ayat al-Quran
dan amalan Nabi Muhammad s.a.w.
Al-Habib Husein bin Abdullah bin Muhammad bin Mohsen bin
Husein al-Attas berkata: “Mereka yang mengamalkan ratib dan terpatuk ular
niscaya tidak akan terjadi apa-apa pada dirinya. Bagi orang yang takut niscaya
akan selamat dari segala yang ditakuti. Pernah ada seorang yang diserang oleh
15 orang pencuri dan dia selamat.”
Pernah datang satu kumpulan mengadu akan hal mereka yang
dikelilingi musuh. Al-Habib Husein menyuruh mereka membaca ratib dan beliau
jamin Insya-Allah mereka akan selamat.
Ada sebuah kampung yang cukup yakin dengan Habib Umar
al-Attas dan tidak tinggal dalam membaca ratibnya. Kecil, besar, tua dan muda
setiap malam mereka membaca ratib beramai-ramai dengan suara yang kuat.
Kebetulan kampung itu mempunyai musuh yang hendak menyerang mereka. Kumpulan
musuh ini menghantar seorang pengintip untuk mencari rahasia tempat mereka
supaya dapat diserang. Kebetulan pada waktu si pengintip datang dengan
sembunyi-sembunyi mereka sedang membaca ratib dan sampai kepada zikir:
Artinya: Dengan nama Allah, kami beriman kepada Allah dan barang siapa yang beriman kepada Allah tiada takut baginya!
Artinya: Dengan nama Allah, kami beriman kepada Allah dan barang siapa yang beriman kepada Allah tiada takut baginya!
Mendengar tiada takut baginya, dan diulangi sampai tiga kali,
si pengintip terus menjadi takut dan kembali lalu menceritakan kepada
orang-orangnya apa yang dia dengar dan mereka tidak jadi menyerang. Maka
selamatlah kampung itu.
Nama-nama Ratib
Nama-nama Ratib
Ratib al-Habib Umar bin Abdurrahman ini mempunyai banyak
nama. Antaranya adalah:
Artinya: Sesuatu yang sukar diperolehi dan kunci bagi pintu penghubung kepada Allah. Nama inilah yang dipilih oleh al-Habib Muhammad bin Salim al-Attas apabila menyusun Ratib al-Habib Umar dalam bahasa Arab, Melayu dan Tamil.
Artinya: Kubu yang kukuh.
Artinya: Belerang yang merah. Satu istilah bagi mentafsirkan sesuatu benda yang amat berharga yang sukar didapati pada sebarang waktu atau tempat.
Artinya: Pati segala zikir.
Artinya: Magnet rahasia-rahasia bagi mereka yang tetap mengamalkannya pada waktu malam dan siang.
Artinya: Penawar bagi racun yang mujarrab. Menurut kata al-Habib Husein bin Abdullah al-Attas, nama ini dinamakan oleh gurunya al-Habib Ahmad bin Hasan apabila menerangkan kelebihan Ratib al-Habib Umar.
Artinya: Sumber pencapaian dan kunci bagi pintu penghubung kepada Allah. Nama ini hanya terdapat di Tajul A’ras oleh al-Habib Ali bin Husein yang menerangkan bahwa dalam kitab al-Qirtas yang beliau perolehi tertulis nama Ratib al-Attas sebagai Manhal al-Manal dan tidak Azizul Manal.
Sejarah
Ratib
Ratib ini dikarang oleh al-Habib Umar bin Abdurrahman
al-Attas dan sekarang telah berusia kira-kira 400 tahun. Ratib ini sehingga
kini banyak dibaca di negara-negara seperti di Afrika termasuk Darussalam,
Mombassa dan Afrika Selatan. Juga di England, Burma (Myanmar), India dan negara-negara
Arab. Di Afrika ia disebarkan oleh murid-murid al-Habib Ahmad bin Hasan seperti
al-Habib Ahmad Masyhur al-Haddad dan lain-lain. Di India, Kemboja dan Burma
oleh al-Habib Abdullah bin Alawi al-Attas. Sehingga sekarang kumpulan-kumpulan
ratib al-Habib Umar atau Zawiyah masih diamalkan di Rangoon dan di beberapa
daerah di Burma. Tetapi mereka lebih terkenal di sana dengan Tariqah
al-Attasiyah.
Ratib ini telah lama sampai di Malaya, Singapura, Brunei
dan Indonesia. Antara keterangan ratib ini yang diterbitkan dalam bahasa Melayu
di Singapura adalah sebuah kitab kecil yang bernama Fathu
Rabbin-Nas yang
dikarang oleh al-Habib Husein bin Abdullah bin Muhammad bin Mohsen bin Husein
al-Attas. Tarikh selesai karangan ini adalah pada pagi Jumaat 20hb Jumadil Awal
1342 (20hb Disember 1923). Ia diterbitkan dengan perbelanjaan C.H Kizar
Muhammad Ain Company pengedar kain pelekat cap kerusi yang beribu pejabat di
Madras, India dan dicetak oleh Qalam Singapura.
Pada tahun 1939, al-Habib Muhammad bin Salim al-Attas
telah menerbitkan sebuah kitab yang bernama Miftahul Imdad yang dicetak di Matbaah al-Huda di
Pulau Pinang. Kitab ini mengandungi wirid-wirid datuk beliau al-Habib Ahmad bin
Hasan al-Attas tetapi terdapat juga ratib al-habib Umar bin Abdurrahman
al-Attas di dalamnya.
Mengikut al-Habib Muhammad bin Salem al-Attas, al-Habib
Hasan bin Ahmad al-Attas pada suatu masa dahulu telah mencetak Ratib al-Attas
menerusi percetakannya Mutaaba’ah al-Attas (Al-Attas Press) yang pejabatnya
terletak di Wadi Hasan, Johor Bahru, Malaysia. Percetakan ini bergiat di Johor
pada kira-kira tahun 1927.
Waktu
membaca Ratib al-Attas
Disebutkan di dalam kitab al-Qirtas: “Telah menjadi
tradisi bagi para sesepuh kami, khususnya tradisi dari al-Habib Husein bin Umar
membaca Ratib al-Attas adalah setelah solat Isya’. Kebiasaan itu dilakukan oleh
Habib Husein beserta pengikut-pengikutnya secara turun-temurun kecuali di bulan
Ramadhan. Adapun di bulan Ramadhan bacaan ratib itu dibaca sebelum sholat Isya’.
Tetapi bagi yang gemar berzikir banyak yang membaca ratib al-Attas ini di waktu
pagi dan di waktu sore, sebab di antara kalimat-kalimat yang dizikirkan ada
zikir-zikir yang disunnahkan untuk membacanya di waktu pagi dan di waktu sore
seperti tertera di dalam hadis-hadis Nabi s.a.w.
Dikatakan oleh Habib Ali bin Hasan al-Attas di dalam
kitab al-Qirtas bahawa Habib Umar suka membaca ratibnya secara rahasia tanpa
suara, sebab beliau menginginkan bacaan ratibnya itu lebih berkesan di hati
yang membacanya dan lebih ikhlas karena Allah. Hal itu sesuai dengan firman
Allah:
“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”.(Al A’raf: 205)
“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”.(Al A’raf: 205)
Dan firman Allah:
“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai”. (Luqman: 19)
“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai”. (Luqman: 19)
Jika ratib al-Attas ini dibaca secara berkelompok, maka
hendaklah dibaca dengan suara yang tiada terlalu keras dan tiada terlalu pelan,
sesuai dengan firman Allah:
“Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam sholatmu dan janganlah pula selalu merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara keduanya”. (Al-Isra’: 110)
“Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam sholatmu dan janganlah pula selalu merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara keduanya”. (Al-Isra’: 110)
Ratib Habib
Umar
Ratib Habib Umar yang diberi nama Azizul Manal
Wa Fathu Bab al-Wisol seperti
dikatakan oleh Habib Ali bin Hasan al-Attas di dalam kitab al-Qirtas bagian
kedua juz pertama: “Ratib Habib Umar merupakan hadiah yang tertinggi dari Allah
bagi umat Islam lewat Habib Umar.” Peninggalan beliau yang paling mahal
hanyalah ratib yang beliau tinggalkan bagi umat ini. Ratib Habib Umar merupakan
wirid yang banyak mendatangkan faedah bagi yang membacanya setiap waktu,
terutama bagi yang sedang menghadapi kesulitan. Al-Habib Isa bin Muhammad
al-Habsyi mengatakan bahawa Habib Umar banyak sekali menyebutkan akan
keutamaan-keutamaan ratib ini. Pernah disebutkan bahawa ketika ada sekelompok
orang datang kepada Habib Umar mengeluh kesulitan pencarian dan lamanya musim
kemarau yang menimpa kepada mereka selama beberapa waktu. Mereka diperintah
membaca Ratib beliau dan dzikir Tauhid. Setelah mereka mengerjakannya, maka
dengan berkat bacaan itu, Allah memberi keluasan hidup bagi mereka.
Menurut Syeikh Ali Baras, jika Ratib Habib Umar dibacakan
bagi penduduk suatu desa atau bagi suatu keluarga, maka desa itu atau keluarga
itu akan dipelihara oleh Allah dengan peliharaan yang amat ketat. Selanjutnya
Syeikh Ali berkata: “Pernah aku diceritai oleh sebagian orang bahawa ketika
mereka takut menghadapi rampok yang akan menjarah rumah mereka, maka mereka
membaca Ratib Habib Umar sehingga rumah mereka tidak sampai dijarah oleh kaum
perampok itu meskipun jumlah mereka sebanyak 15 orang”.
Dipetik
dari: Kelebihan Ratib: Huraian Ratib al-Habib Umar bin Abdul Rahman al-Attas,
oleh Syed Hassan bin Muhammad al-Attas, Masjid Ba’alwi Singapura, terbitan
Hamid Offset Service
Tidak ada komentar:
Posting Komentar